Jenis-jenis Sensor Ponsel

 

Accelerometer: Sensor ini berfungsi sebagai detektor percepatan gravitasi Bumi. Sensor ini memiliki peran sebagai salah satu fungsi dasar kompas dan dalam penggunaan GPS pada HP.

Gyroscope: Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi posisi HP. Misalnya untuk membedakan mana arah atas, bawah dan arah lainnya. Sensor ini biasanya aktif saat sedang bermain game online seperti PUBG Mobile.

Ambient Light: Sensor ini mampu secara otomatis menyesuaikan sorotan cahaya layar dengan keadaan sekitarnya. Misalnya, saat terang, layar HP akan otomatis mengatur kecerahan layar sehingga kita masih bisa melihat tampilan layar meskipun dalam keadaan terang.

Proximity: Sensor ini lah yang membuat HP mati dan nyala ketika digunakan untuk menelpon. Ketika HP digunakan untuk menelpon HP akan mati. Ini bertujuan untuk menghemat baterai.

Magnet Sensor: Sesuai dengan namanya, sensor ini mendeteksi magnet. Ia digunakan sebagai komponen dasar pada kompas.

Temperature: Pada HP Samsung terdapat dua jenis sensor temperatur. Akan tetapi, yang dimaksud di sini adalah untuk mengukur suhu komponen HP samsung itu sendiri. Ia akan mengukur berapa derajat suhu komponen saat ini.

Fingerprint: Sensor sidik jari pada HP biasanya terletak di belakang, di bagian samping, atau terintegrasi dengan layar. Fungsinya sebagai kunci untuk mengakses HP dan lain-lain. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan sensor ini, ‘kan?

Sound: Sensor suara ini fungsinya sebagai penyesuaian volume suara HP. Misalnya untuk mengatur tingkat volume suara ketika menerima telepon di tempat yang ramai atau kondisi gaduh lainnya.

Comments